Monday, September 12, 2011

Seharian di kota kretek

Pernah denger nama 'kota kretek' ? yap kudus merupakan sala satu provinsi di Jawa Tengah yang mempunyai julukan kota kretek

Mengapa kota kretek ? karena kudus merupakan penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah.
kalo ingin melihat dengan jelas gimana asal muasal nya bisa dateng ke museum kretek. mudik tahun lalu saya dan kiki pergi ke museum ini. di kota kudus kalian bisa melihat dimana mana ada pabrik rokok salah satunya yang terbesar adalah rokok Djarum
kalian pasti sudah pernah denger kan ? sering ada di tv kok hehe
kalo Gudang Garam Filter itu ada di Kediri #justinfo
saya tahu ini bukan karena saya perokok haha saya hanya suka dengan apa apa saja keunikan yang ada disetiap kota.
keunikan di setiap kota itu beda beda loh
ini gambar museum kretek di kota kudus


pintu masuk museum

tampak luar




Yap itu adalah sekilas foto-foto yang ada di museum kretek, kalo mau lebih banyak lagi silahkan dateng aja kesana. engga jauh kok Alamatnya di Desa Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati Kudus, Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah. kebetulan museum kretek ini dekat sekali dengan warung soto pakde saya :D hehe . Maaf ya fotonya agak ga jelas karena diambil hanya dengan kamera handphone 2 megapixel hehe
Banyak Objek-Objek wisata di kudus salah satunya adalah Masjid Menara Kudus. Biasanya orang-orang datang kesini untuk berziarah ke makam sunan kudus. Tahun lalu saya juga mengunjungi menara kudus dengan kiki juga karena kiki hafal sekali seluk beluk kudus (yaiyalah tinggal dikudus) . lain waktu saya akan mempost tentang masjid menara kudus. wait yaaaa

yap mudik kemarin saya berwisata kuliner dengan kiki di kota kudus, walaupun ga semua makanan dicobain sih karena duit udah cekak banget. ga dapet THR sama sekali -___- tambah umur tambah gadapet haha 
pertama saya mengunjungi Sate Kerbau Pak Min Jastro. mengapa saya memilih tempat ini ? karena saya belom pernah nyoba rasa sate kerbau di tempat ini yang katanya enak banget 
Sate Kerbau jastro terletak didalam showroom daihatsu diseberang pom bensin dekat matahari . ga susah kok nyarinya cukup gampang. sebelumnya saya juga udah pernah makan sate kerbau maju (57) terletak di jalan kenari ini enak juga kok :D
mengapa sate kerbau ? karena daging sapi dikota kudus dianggap suci. berhubungan dengan sejarah masuknya agama hindu dan islam di kota kudus. jaman dahulu, sewaktu awal Sunan Kudus menyebarkan agama Islam di daerah Kudus, masih banyak penduduk yang menganut Hindu. untuk menghormati dan tidak melukai perasaan saudara-nya, maka kanjeng Sunan berpesan : wahai saudara, alangkah baiknya bila kita tidak menyembelih sapi di sini (Kudus) supaya tidak menyakiti hati saudara-saudara kita uang beragama Hindu. jadi mereka ga menyembelih daging sapi
apabila ada warga yang makan daging sapi, daging itu tidak berasal dari kudus. melainkan dari jepara, pati dan sekitarnya. gitu looh
Harga sate kerbau cukup terjangkau emmm agak mahal dikit sih bagi saya yang hanya seorang pelajar
Porsi mah terserah
10 tusuk sate kerbau = 24.000 jadi satu tusuknya 2.400 wow mantep
nasi = 2.000 es teh = 2.000
kemaren saya makan berdua sama kiki sate plus nasi plus es teh abis 30ribuan lebih lah. ya lumayan lah mengenyangkan perut BANGET !


walaupun sudah kenyang, rasanya enaaaaaak sekali lezat parah~
tapi saya masih tetep pengen makan soto kudus Bu Jatmi walaupun perut rasanya udah mau meledak
saya mencari soto kerbaunya karena tahun lalu sudah nyoba soto ayamnya
sama sama enak loh, harga terjangkau kalo soto kerbau 8.000 rupiah soto ayamnya lupa hehe
ada dua tempat soto kudus yang terkenal yaitu Soto Kudus Bu Jatmi dan Soto Kudus Pak Denuh
tapi karena lebih dekat dengan soto kusud bu jatmi maka kita pergi kesana.





sotonya enak banget :3 emang deh ya enak enak
dan akhirnya saya kenyang banget, ampe perut hampir begah. dari soto kudus saya dan kiki pergi ke pusat pembuatan jenang kudus. langsung di tempatnya loooh . saya lupa apa nama tempatnya yang jelas baru lewat gangnya aja udah tercium bau jenangnya. wangiiiiii
jenang itu oleh-oleh khas kudus mirip mirip sama dodol lah. kenyil kenyil gituuuuw


karena dibuat langsung ditempatnya jadinya jenangnya masih fresh :D
banyak tempat menarik di kudus jadi kalo mau kesana cobalah ketempat tempat menariknya.
kalo ada waktu saya akan mem post tentang gunung muria
semoga postingan saya bermanfaat walaupun kebanyak jatohnya curhat hehe
terimakasih~

0 comments:

Post a Comment

 
;